ARKIPEL Film Festival 2015

arkipel

ARKIPEL – Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival 2015

GRAND ILLUSION
Indonesia adalah salah satu bangsa dengan sejarah sosial-politiknya yang penuh dengan ilusi, yaitu; ilusi-ilusi yang diproduksi oleh Negara. GRAND ILLUSION menjadi strategi bagi ARKIPEL membaca bagaimana ilusi-ilusi itu diproduksi, didistribusikan, dan direproduksi, hingga berdampak bagi perjalanan sebuah bangsa di belahan dunia yang lain.

Kompetisi Internasional
Kurang lebih 1.150 judul film didaftarkan dari 80 negara di seluruh dunia. Film-film telah diumumkan pada 22 Juni 2015. Awarding Ceremony akan diadakan pada 29 Agustus 2015

Pemutaran Khusus
Memutar 35 film pilihan dewan seleksi

Program Kuratorial

  • Program Prancis: Jean-luc Godard’s Scenario du film Passion (1982) dan Chantal Akerman’s La Bas (2012) program ini akan membicarakan visi seniman di balik karya-karya mereka.
  • Program tentang Regionalitas: Lav Diaz’ Storm Children Book One dan film-film pendek program akumassa (2008 – 2015) yang akan membicarakan tentang isu regionalitas dan konteksnya terhadap wacana Asia Tenggara. Kebetulan film Storm Children dibiayai sebagian besar oleh festival filem DMZ Docz, Korea Selatan.
  • Program Public Service Announcement (PSA): Film-film penyuluhan dan iklan layanan masyarakat Denmark dan Indonesia, yang akan memutar film-film PSA karya sutradara Carl Theodor Dreyer dan Djajakusuma serta film-film pendek Gelora Indonesia.
  • Program Amerika Latin: yang akan menjabarkan estetika sinema Amerika Latin dan situasi sosial politiknya di era tertentu.
  • Program Kuratorial Jon Jost dengan dukungan dari US Embassy yang akan membahas karya-karya dari sutradara film dokumenter dan eksperimental asal Amerika Serikat.

Program Simposium

  • Master Class Jon Jost: Jon Jost adalah seorang sutradara film eksperimental yang karya-karyanya telah diputar di festival film mancanegara seperti Berlinale, Venezia, Rotterdam, dan lain-lain. Akan membicarakan tentang penyutradaraan dan konten sinema.
  • Kelas Terbuka (Lecture): oleh Benjamin Cook (direktur Lux Moving Image) tentang distribusi film eksperimental dan dokumenter.
  • 65’s Talk: perihal peristiwa 1965 dalam konteks sinema dan perkembangan sosial-politik di Indonesia.
  • Curator’s Talk yang akan menghadirkan kurator-kurator baik dari ARKIPEL maupun kurator undangan.
  • Festival Forum: forum berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang festival film di Indonesia dan mancanegara.

Info lebih lanjut:
arkipel.org
@ARKIPEL