Animation Workshop di SAE Institute

0
1009
20130907_Animation_Workshop_3

20130907_Animation_Workshop_3

“Inspirasi termudah dalam mendesain karakter animasi adalah dari lingkungan sekitar kita.” – Sheila Rooswitha, Comic Artist

Pada hari Sabtu (07/09) kemarin, SAE Institute mengadakan Open House dalam rangka pembukaan tahun ajaran baru yang akan segera dimulai pada September 2013. Salah satu acara dalam Open House tersebut adalah “Workshop Karakter Animasi” yang dibawakan oleh Sheila Rooswitha, Comic Artist pembuat seri Komikriuk.

Dalam workshop tersebut, Sheila menekankan pentingnya penggalian ide dan pendalaman karakter sebelum membuat cerita dalam sebuah animasi maupun komik. Menurut Sheila, dalam mendesain karakter, kita perlu membuat breakdown tentang karakter yang akan kita ciptakan. “Misalnya kita ingin membuat tokoh microphone (personifikasi dari benda mati) yang cerewet. Karakter tokoh cerewet itu biasanya lincah, mudah bergaul, riang dan percaya diri. Nah, ini perlu kita breakdown dalam bentuk list agar lebih mudah menciptakan karakter yang sesuai dengan imajinasi kita.” Sheila mencontohkan.

20130907_Animation_Workshop_2

Para peserta tampak antusias mengikuti workshop, melihat banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara. Dalam salah satu sesi, Sheila memberi kesempatan kepada seluruh peserta yang hadir untuk mendesain karakter sesuai dengan brief yang ia berikan untuk kemudian dinilai kekurangan dan kelebihannya agar peserta dapat meningkatkan skill-nya. Para peserta mengikuti kesempatan tersebut dengan baik.

Di akhir acara workshop ini, Arlan Djoewarsa selaku Marketing Commmunication dari SAE Institute, menjelaskan beberapa alasan mengapa kita tidak perlu ragu atau takut terjun ke dalam industri kreatif. Saat ini banyak lapangan pekerjaan di bidang industri kreatif, khususnya animasi. Malah banyak yang berhasil masuk ke kancah dunia, seperti Ronny Gani yang menjadi salah satu animator di film Pacific Rim. Masih banyak lagi lulusan SAE Institute yang kemudian direkrut oleh perusahaan-perusahaan internasional yang bergerak di industri kreatif lainnya.

Selain itu, SAE Institute juga memiliki banyak relasi dengan pelaku-pelaku industri kreatif di dalam negeri yang bisa diajak berkolaborasi dengan para mahasiswa di SAE Insitute. Beberapa artis lokal yang pernah berkolaborasi dengan SAE Insititute adalah Indra Lesmana, Monita Tahalea, Tompi dan banyak lainnya.

20130907_Animation_Workshop_4

Adapun program-program lain dalam Open House kali ini antara lain: Film Production All Day Workshop bersama Upie Guava (Music Video Director untuk Sheila on 7, Ungu, Nidji, Marcell) dan Music Business Talk bersama promotor Metallica, Krishna Raditya dan Reki Reinarto dari Blackrock Entertainment.

SAE Institute turut memperkenalkan program-program, partner industri dan kegiatan-kegiatan yang ada kepada para peserta pada saat pembukaan acara. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mengelilingi kampus untuk mengenal dan merasakan fasilitas-fasilitas yang ada di sana.

Foto: Irvan Indrayana