Press Release: Ultigraph 2015

0
1091

PRUltigraph adalah acara yang hadir dari kebutuhan dan inisiatif mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Multimedia Nusantara atas acara yang mampu menjadi wadah bagi kreativitas, apresiasi, dan tempat untuk menambah wawasan mengenai dunia DKV masa kini dan mencari relasi bagi mahasiswa DKV, pelaku grafis, serta masyarakat umum. Secara umum, Ultigraph merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian mahasiswa DKV UMN sebagai generasi muda dunia grafis terhadap perkembangan DKV, khususnya yang ada di Indonesia.

Acara Ultigraph pertama kali digelar pada tahun 2011. Kemudian digelar kembali pada tahun 2012 dan 2014. Pada tahun 2015 ini, Ultigraph hadir dengan konsep dan pengertian yang lebih mendalam yaitu semua ilmu grafis (yang berhubungan dengan visual/gambar) diperkenankan untuk mengikuti acara ini secara resmi. Karena pada tahun sebelumnya, karya-karya yang dipamerkan hanya sebatas karya desain grafis dan animasi saja.

ULTIGRAPH 2015: KARSA KELANA

Keingintahuan merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh setiap manusia, namun keingintahuan ini menjadi sesuatu yang jarang ditemukan pada mahasiswa DKV sekarang ini. Tidak jarang kita menemukan desainer yang hanya mendesain secara ‘cantik’ saja tanpa melalui tahap-tahap proses kreatif.

Kata karsa sendiri mengandung makna daya (kekuatan) jiwa yang mendorong makhluk hidup untuk berkehendak; kehendak; niat.

Kelana berarti mengadakan perjalanan; kembara.

Karsa kelana diartikan sebagai semangat untuk membangkitkan hasrat kembara tanpa putus niatan untuk memperkaya diri dalam imaji tanpa batas. Untuk itulah, Ultigraph 2015 ‘Karsa Kelana’ ingin hadir untuk membangkitkan rasa keingintahuan itu kembali. Menyadarkan kita bahwa hal yang besar dimulai dari rasa keingintahuan yang sering dianggap sepele.

Pre Event

Roadshow yang diadakan dengan mengunjungi beberapa universitas ternama demi suatu tujuan untuk menemukan pejuang inovatif yang siap bertarung dalam ajang pembuktian diri.

Beberapa universitas tersebut:

  • Universitas Multimedia Nusantara, Serpong
  • Universitas Pelita Harapan, Karawaci
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Mercu Buana, Jakarta
  • Universitas Tarumanegara, Jakarta

Event

Ultigraph 2015 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Mei ini hadir dalam berbagai kategori acara:

– Seminar
Dialog tematik dari para ahli desain dan animasi demi memuaskan rasa keingintahuan dan melajukan raga kelu para pengelana.

– Lokakarya
Wadah bagi para pengelana yang rindu memahat diri dan menelaah karya demi suatu kualitas.

– Pameran
Ruang unjuk gigi bagi para pengelana yang telah mendedikasikan buah pikirnya menjadi rupa karya ekshibisi.

– Bedah karya
Mendengar pengalaman pengelana perguruan tetangga tentang perjalanan mereka menyelesaikan tugas akhir.

– On Brief Competition
Ajang adu kompetensi/kebolehan dalam menanggapi sebuah arahan, menjadikan batasan sebagai tantangan, dan waktu sebagai teman.

– Meet The Judges & Screening Animasi
Forum saling temu antara finalis dan juri teruntuk memperkaya ilmu dan memahami kelemahan dalam mencipta karya sehingga berguna di waktu kedepan.

– Festival
Semarak kreativitas yang mengundang ratusan pasang mata dan jiwa yang selalu ingin tahu.

– Malam Penganugerahan
Malam apresiasi dan penobatan bagi para pengelana yang telah membuktikan diri menjadi terbaik di antara yang terbaik.

-Kumpul Kreavi
Ajang tukar pikiran dan silang informasi dari para pakar seputar dunia seni dan desain di era kini.

 

Ultigraph kali ini hadir dengan konsep dan inovasi baru yang dinamakan Ultigraph Award. Ultigraph Award menjadi laga kompetisi  bagi pribadi visioner dan mengaku inovatif dalam meraih keunggulan di bidang desain dan animasi. Ultigraph Award terbagi dalam dua kategori, yaitu Graphic Design dan Animasi.

Kategori

Graphic Design

Sub-kategori:
1. Brand Identity
2. Packaging
3. Promosi & iklan
4. Editorial
5. Applied Graphic (Ilustrasi & Tipografi)
6. Collateral
7. Environment Graphic

Animation

Penghargaan diberikan bagi short animation karya mahasiswa se-indonesia berupa:
1. Best film
2. Best story
3. Best character
4. Best environment

Penghargaan Khusus

Cultural Content Award Best Story
Penghargaan khusus terhadap aplikasi kearifan local (budaya Indonesia) pada masing-masing karya desain grafis.

Craftmanship Award
Penghargaan khusus terhadap karya dengan keterampilan mengolah konsep melalui kemampuan teknis terbaik.

Samala Trophy
Samala Trophy akan diberikan bagi universitas dengan jumlah poin akumulasi terbanyak.

 

SEMINAR & LOKAKARYA

Ultigraph 2015 menghadirkan beberapa pelaku grafis ternama untuk membagikan pengetahuannya demi memuaskan rasa keingintahuan para pengelana. Seminar dan lokakarya berlangsung pada tanggal 6-8 Mei 2015. Para pelaku grafis tersebut, yaitu:

Seminar:
Emir Hakim – FOUNDER EMIR HAKIM BRAND DESIGN CONSULTANT
Chris Lie – FOUNDER CARAVAN STUDIO
Sweta Kartika –
Aryanto Kurniawan- FOUNDER MSV PICTURES battle of surabaya
Richard Fang – CEO Weekend Inc
Harvey Tolibao

Lokakarya:
M. Taufiq (Emte) –
Harvey Tolibao

Ultigraph tahun ini akan memberikan kejutan spesial bagi para pengelana dengan kehadiran pelaku grafis dari luar negeri, yaitu Harvey Tolibao. Beliau merupakan seorang komikus Marvel & DC asal Filipina. Harvey Tolibao akan datang dan membagikan pengalamannya serta memberikan workshop untuk para pengelana.

Bedah Karya
Mendengar pengalaman pengelana perguruan tetangga tentang perjalanan mereka menyelesaikan tugas akhir.

 

ON BRIEF COMPETITION

Ajang kompetisi bagi para pengelana untuk menunjukkan kebolehannya dalam berkarya dan bersaing dengan sesama pengelana lain. Acara berlangsung pada tanggal 7-8 Mei 2015. Peserta bebas untuk berkarya dan berkompetisi langsung di tempat yang telah disediakan. On Brief Competition mengusung tema ‘Langkah Awal’ sebagai bagian dari perwujudan visi dan misi dari acara Ultigraph tahun ini.

 

ULTIGRAPH AWARD

Dengan konsep dan inovasi baru, Ultigraph Award dihadirkan sebagai sebuah anugerah desain grafis dan animasi bagi mahasiswa perguruan tinggi nasional untuk melahirkan desainer dan animator muda berbakat Indonesia. Ajang apresiasi dibentuk demi meningkatkan motivates desain grafis dan animasi menjadi seorang yang handal dan berkualitas dan mampu bersaing secara nasional dan internasional. Ultigraph Award akan memberikan Samala Trophy bagi universitas terbaik.

 

MALAM PENGANUGERAHAN

Awarding Night Ultigraph kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan tema dan konsep yang baru, Ultigraph 2015 akan mengadakan Awarding Night spesial dari Teater Salihara pada tanggal 10 Mei 2015. Awarding Night sebagai perwujudan rasa apresiasi dan penobatan bagi para pengelana kreatif dan menjadi yang terbaik di antara yang lain.

Rundown acara:
Screening Film Animasi (15:00)
Meet The Judges (16:00)
Malam Penganugerahan (18:00)

Malam Penganugerahan dibuka dengan tarian dari para penari Ultigraph yang mengisahkan tentang kisah Karsa sang Pengelana yang ingin menerbangkan dandelionnya. Dalam usaha menerbangkan dandelionnya, ia bertemu dengan keempat dukun bernama Aksa, Daksia, Azari dan Manukara. Kisah selengkapnya tertera lengkap pada situs resmi Ultigraph 2015.

Kemudian acara dimulai dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang On Brief Competition yang diadakan pada tanggal 7-8 Mei 2015. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Curator’s Choice bagi salah satu karya yang telah dipajang dalam pameran Ultigraph 2015. Pemenang penghargaan dipilih dan diberikan langsung  oleh Ibu Salima Hakim selaku kurator pameran tersebut.

Acara utama yang telah ditunggu-tunggu kemudian hadir, yaitu acara pemberian Ultigraph Award. Penganugerahan Ultigraph Award dimulai dari kategori Animasi kemudian dilanjutkan dengan kategori Desain Grafis.

Berikut daftar pemenang Ultigraph Award:

pemenang ultigraph

Setelah sesi penganugerahan selesai, acara diselingi dengan penampilan musik dari band mahasiswa UMN sendiri yaitu NGE Band. Acara ditutup dengan penyerahan Samala Trophy bagi universitas dengan jumlah poin akumulasi terbanyak. Samala Trophy dimenangkan oleh Universitas Multimedia Nusantara dengan peraihan poin sejumlah 22 poin.

 

Official Social Media Ultigraph 2015

Twitter: @ultigraph
Instagram: @ultigraph
Ask.fm: @ultigraph
Facebook: www.facebook.com/ultigraph
Web: www.ultigraph.com

Link Video Teaser:
https://www.youtube.com/watch?v=3KU3RX99MxQ
https://www.youtube.com/watch?v=fHAhrgBcnHc